Baca Tulis Arab di Nokia E63

Bismillah…

“Abi, mbok hape E63 ummi dibikin bisa baca tulis Arab.. Kotak-kotak mulu, je..”

.., Begitu kira-kira permintaan istriku tersayang..
Maka dengan penuh rasa cinta (..halah..), ane mencoba mengingat-ingat dan bongkar-bongkar file lama buat memenuhi permintaan “sederhana” istri tercinta..

Karena ane cuma tools user, yaa bisanya cuma pake tool..

Secara umum langkah yang ditempuh ada 3 tahap:
A. Hacking Nokia E63 (symbian s60 V3);
B. Install font multi language;
C. Patch keyboard layout qwerty arabic.

Langkah-langkahnya:
A. Hacking Nokia E63.
Tools yang digunakan: X-plore, ROMPatcher V. 3.1 (biar autorun patchnya jalan OK), file instalserver.exe untuk S60 V3, dan file patch Open4All RP+.rmp
1. Buka “app manager” di hp yang mau dihack;
2. Buka “options” – “setting”;
3. Pilih “all” untuk software installation;
4. Tutup app manager;
5. Install X-plore;
6. Install ROMPatcher+
7. Buka X-plore – Extract file Open4All RP+.rmp ke folder C:\patches\ (kalo belum ada bikin folder sendiri)
8. Extract folder .sys ke C:
9. Restart HP;

10. Buka app ROMPatcher+;
11. Apply patch Open4All RP+;
12. Tutup app;
13. Buka X-plore;
14. Extract installserver.exe ke C:\sys\bin\;
15. Selesai (kalau perlu HP di restart).

Setelah hacking berhasil, Anda sudah bisa install semua appllikasi tanpa gangguan “sertificate expired” atau yang semisal.

B. Install font multi language.
Font bawaan nokia tidak bisa menampilkan font arab. Karena itu kita butuh font yang bisa menampilkannya. Salah satu font favorit ane ialah YaHeiHandelGotD.

Tools yang digunakan: FontRouterLT, FontRouterMan dan file font multilanguage.
1. Install FontRouterLT;
2. Install FontRouterMan;
3. Extract font ke E:\data\fonts (lokasi default font router manager – kalau belum ada bikin sendiri)
4. Buka FontRouterMan;
5. Cek “fontlocation” nya kalau sudah benar di”enable”;
6. Restart HP;
7. Atur sendiri besar kecil dan posisi font di app FontRouterMan;
8. Selesai – sampai di sini HP sudah bisa baca huruf arab insyaAllah.

C. Patch keyboard layout arab.
File yang dipakai: file patch Lang Selection Final.rmp, PtiQwertyArabic.rsc, domainsrv.exe.
1. Buka ROMPatcher+;
2. Apply patch Open4All RP+;
3. Buka X-plore, di “Menu” – “Tools” – “Configuration”, centang semua pilihan;
4. Extract “domainsrv.exe” ke E:\sys\bin\;
5. Extract “C_sys_hash_domainsrv.exe” ke C:\sys\hash\;
6. Extract “Lang Selection Final.rmp” ke C:\patches\;
7. Extract “PtiArabicQwerty.rsc” ke C:\Resource\qwerty\ (kalau belum ada bikin sendiri);
8. Copy semua file .rsc dari Z:\resource\qwerty\ ke C:\Resource\qwerty\;
9. Buka ROMPather+;
10. Apply patch “Lang Selection Final” kemudian di “Add to Auto (Domain…);
11. Restart HP;
12. Coba buka “Tools” – “Settings” – “General” – “Personalisation” – “Language”, kalau di writing language sudah ada “arabic”, berarti BERHASIL!;
13. Sekarang anda sudah bisa menulis dengan font arab di sms atau applikasi lain dengan merubah pilihan bahasa tulisnya;

14. Alhamdulillah selesai sudah..

NB: untuk link download tools dan filesnya insyAllah menyusul.

update: link download paket hacking e63

Posted from WordPress for BlackBerry.

7 thoughts on “Baca Tulis Arab di Nokia E63

  1. @ fairuz … ana belum nyoba os 9 akh.. belum ada yang rela hapenya ana oprak2.. hehe..

    oya sekedar tambahan: nokiyem yang mau dihack hendaknya sudah pake fw apdetan paling bontot… sekian dan terimakasih.

    • assalamu’alaikum akhy….alhamdulillah..sudah bisa nulis arab!tapi keypad nya g bisa mewakili semua karakter arabic…ada beberapa karakter yang g bisa di tampilkan…”tho,zho,kaf,….dll.itu gmn cara mengatasinya akhy…!?jazakalloh!

  2. owh ya gan…ni pxa ane dh hack pas mo tulis arab slalu mati ato restart sndri gan,,,,,apa ntu kga kompatibel aplikasi ato apa na gan,,,,,makasi sblum na

    • makasih komennya gan…
      ..kalo berdasar pengalaman ane, yang bikin restart sendiri waktu mengaktifkan teks arab biasanya karena ROM patcher + nya… nanti agan ambil file2nya dari gudang ane saja… (menyusul insyaAllah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s